Update WhatsApp Terbaru Bisa Sembunyikan Status Online

Berikut ini kabar update masa depan dari WhatsApp beta untuk Android, iOS, dan Desktop. Setelah mengumumkan sedang mengembangkan beberapa fitur besar seperti kemampuan edit pesan teks, WhatsApp terkini juga sedang menggarap kemampuan untuk menyembunyikan status online penggunanya.

Selama bertahun-tahun, banyak pengguna meminta memiliki kemampuan itu, menggunakan WhatsApp yang siluman (stealth mode). Ada beragam alasan yang mungkin melatarinya. Satu contohnya adalah tidak ingin terganggu, atau mungkin merasa diamat-amati oleh orang lain.

WhatsApp tahu banyak permintaan yang datang sehingga aplikasi besutan Meta ini sebenarnya telah menciptakan konsep dari fitur ini pada tahun lalu. Sedangkan kini, yang terbaru, WhatsApp mengembangkan fitur yang membiarkan penggunanya memilih siapa saja yang dapat melihatnya sedang online di aplikasi. 

Seperti isi tangkapan layarnya yang diberikan WABetainfo, WhatsApp akan memungkinkan penggunanya untuk menentukan siapa saja yang dapat melihatnya kapan sedang online mengikuti pengaturan di fitur last seen. Jadi dua opsi: Everyone dan Same as Last Seen

Sebagai contoh, jika Anda memilih “My contacts” yang bisa lihat “Last Seen” dan “Same as Last Seen” untuk yang bisa lihat kapan Anda “online”, ini berarti mereka yang berada di luar kontak tidak akan bisa melihat ketika Anda sedang online. 

Tahun lalu, WhatsApp mulai secara otomatis menyembunyikan ‘last seen’ dari daftar kontak yang jarang terjalin chat dengannya untuk tujuan mencegah aplikasi pihak ketiga memantau status. Tapi, begitu kita chat dengannya, dia bisa langsung bisa melihat kapan kita sedang online. Sekarang, terima kasih kepada aturan privasi baru “who can see when I’m online”, mereka tidak akan mampu melakukannya lagi sekalipun ada kontak chat.

Author: Monica